Sosialisasi dan internalisasi Visi dan Misi Perusahaan ke Karyawan

Sosialisasi dan internalisasi Visi dan Misi Perusahaan ke Karyawan, haruslah dilakukan oleh management perusahaan atau organisasi. Ini penting dilakukan, supaya perusahaan atau organisasi benar-benar bisa mencapai visi dan misinya. Karena tercapai atau tidaknya visi dan misi organisasi atau perusahaan itu tergantung dari perilaku karyawan.

Mengapa perlu sosialisasi dan internalisasi?
Visi dan misi perusahaan atau organisasi adalah suatu keadaan atau kondisi yang ingin dicapai perusahaan. Untuk mencapainya, tentu saja segenap personel yang ada di dalam organisasi atau perusahaan yang mencapainya. Tahapan untuk mencapainya adalah sebagai berikut :

Pertama. Tetapkan Visi dan Misi perusahaan/organisasi terlebih dahulu.
Kedua. Sosialisasi Visi dan Misi perusahaan/organisasi. Tujuanya adalah supaya semua personel yang ada dalam organisasi atau perusahaan mengetahui dan mengerti, mau kemana arah perusahaan. Hanya orang yang tahu tujuanya yang perilakunya akan mengarah ke arah tujuan. Orang yang tidak tahu tujuanya, tentu saja jangan diharapkan perilakunya akan mengarah ke tujuan. Karena bagaimana mungkin seseorang akan melangkah ke arah tujuanya, sementara dia sendiri tidak tahu arah dan tujuanya kemana. Jadi, sangat penting untuk memberitahu semua karyawan tentang visi dan misi perusahaan. Karena itu sosialisasi ini harus dilakukan secara terus menerus.
Ketiga. Internalisasi Visi dan Misi di dalam perilaku karyawan. Artinya, kalau semua karyawan/personel dalam organisasi atau perusahaan sudah tahu visi dan misi organisasi dan perusahaan, maka mereka harus berperilaku yang mengarah tercapainya visi da misi tersebut. Setiap kali ada perilaku anggota atau karyawan yang menyimpang dari titik visi dan misi harus segera diingatkan.   
Keempat. Controlling terhadap pergerakan atau perkembangan periaku anggota organisasi/karyawan perusahaan, apakah masih berperilaku yang mengarah pada tercapainya visi dan misi organisasi/perusahaan. Kalau menyimpang, maka harus segera dilakukan koreksi ke jalan yang benar.  

Cara sosialisasi Visi dan Misi
Cara untuk mensosialisasikan visi dan misi organisasi/perusahaan cukup banyak, tergantung dari kreativitas management masing masing. Mulai dari cara yang serius sampai cara yang santai menyenangkan. Berikut ini beberapa cara sosialisasi yang bisa diterapkan :

Briefing pagi.
Briefing pagi hari sebelum mulai bekerja, bisa dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi tentang visi dan misi perusahaan. Jadi, bisa dimulai dengan evaluasi kerja hari kemarin dan rencana kerja hari ini, kemudian dihubungkan dengan visi dan misi yang ingin dicapai perusahaan. Dan diharapkan semua karyawan bisa melaksanakan rencana kerja harian dengan baik, sehingga visi dan misi perusahaan (……sebutkan visi dan misi perusahaan/organisasi…..) bisa segera tercapai.

Quiz atau Game.
Sisihkan barang sebentar untuk acara santai bersama karyawan atau anggota organisasi. Atau kalau ada waktu dan anggara, bisa rekreasi dan juga bermalam. Nah.. di tengah tengah waktu rekreasi atau santai, sisipkan game/quiz berhadiah (hadiahnya yang murah-murah aja asal meriah, tapi kalau anggarannya sangat memadai bolehlah hadiah berupa gadget he he he. Kondisional saja hadiahnya). Isi game atau quiz ini dengan tebakan, atau minta diantara karyawan yang tahu visi dan misi perusahaan untuk menyebutkanya atau mengucapkanya di depan karyawan yang lain. Biasanya karyawan akan berebut mengucapkanya. Kalau sudah berebut, tinggal menunggu siapa yang mengucapkannya paling tepat. Pengucapan yang mendekati visi dan misi itulah yang menang. Karena biasanya, jarang sekali karyawan yang hafal sampai detail kata kata yang ada dalam visi dan misi perusahaan.

Meeting.
Semestinya di setiap organisasi atau perusahaan ada meeting harian atau mingguan atau bulanan. Meeting berkala ini sangatlah penting, karena bisa melakukan pantaun terhadap perkembangan karyawan atau perusahaan setiap saat. Nah sebelum meeting ini dimulai, bisa dijadikan ajang sosialisasi visi dan misi perusahaan. Bisa dengan cara yang serius, mengaitkan perkembangan perusahaan kemudian diukur. Apakah perkembangan perusahaan ini sudah mengarah pada visi dan misi organisasi/perusahaan atau belum. Dengan demikian, semua peserta meeting akan tahu apa sebenarnya visi dan misi perusahaan.

Visual.
Cara visual juga bisa dilakukan untuk mensosialisasikan visi dan misi organisasi/perusahaan. Caranya dengan memasang tulisan visi dan misi perusahaan di dinding yang sering dilalui karyawan. Jadi cetaklah tulisan visi dan misi perusahaan kemudian dibingkai dengan pigora yang menarik perhatian dan tempatkan di dinding yang sering dilalui karyawan.

Itulah beberapa cara untuk melakukan sosialisasi visi dan misi perusahaan, semoga bisa bermanfaat untuk perusahaan/organisasi dan bisnis anda.
Salam…
Ingin belajar secara online tentang 
1. Public Speaking
2. Broadcaster radio
3. Executive Coaching
4. Pengembangan SDM ntuk perusahaan kecil menengah (SOP, JobDisc, KPI, Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama).
5. Tekhnik Penyembuhan dg Reiki Usui/Energi Alam semesta.
Caranya gampang.
-Masuk ke YouTube
-Di kanan atas ada kolom Search. Tulis Cak Motivator. Maka akan muncul banyak video produksi Cak Motivator. Tinggal pilih video apa yg ingin dipelajari.
-Jangan lupa tekan tombol subscribe yg ada di bawah sebelah kanan video.
Terima kasih

(Agung Kurniawan Muhammad – Cak Motivator Indonesia – Konsultan HRD)

Popular posts from this blog

Cara memimpin Briefing Pagi dan sore di kantor.

Formal Public Speaking, Non Formal Public Speaking (Ayo belajar Public Speaking Episode 4)

Regenerasi Karyawan dalam Perusahaan.