Cara memimpin Briefing Pagi dan sore di kantor.


Cara memimpin briefing pagi dan sore di kantor atau di perusahaan, memang tidak semua orang bias melakukannya. Tapi, untuk posisi tertentu (supervisor, ketua, leader) haruslah bisa melakukanya. Kali ini, Cak Motivator Indonesia akan mengulas bagaimana cara memimpin briefing pagi dan sore. (Kami menyediakan e book Public Speaking harga Rp. 25.000 saja dan bisa konsultasi sampai mahir. Pesan wa 0812 3306 1821)
Tapi sebelum saya sampaikan tentang briefing, maka pimpinan briefing harus memiliki kemampuan interpersonal Communication. Nah kalau ada yg belum menguasai. Bisa belajar secara online di YouTube Chanel Cak Motivator. GrAtiss Tissa cukup Tekan tombol subscribe saja... Dan ikuti tiap episodenya... Seperti berikut ini yg eps 1
Untuk eps selanjutnya...silahkan langsung kunjungi Chanel Cak Motivator di you tube

Briefing pagi dan sore sebenarnya adalah rapat dalam sekala kecil dan intensitas yang lebih tekhnis dalam satu kelompok atau divisi dalam perusahaan. Posisi briefing pagi dan sore ini adalah sangat penting dalam perusahaan. Karena dengan adanya briefing di pagi dan sore, maka setiap hari semua pekerjaan bisa direncanakan dan juga dievaluasi. Tapi, tidak semua pimpinan, supervisor, leader bisa memimpin briefing pagi dan sore. Berikut ini cara-cara untuk memimpin briefing pagi dan sore.


Briefing pagi.
Briefing pagi dilaksanakan pada pagi hari saat akan memulai aktivitas kerja. Lama waktunya untuk briefing pagi kurang lebih sekitar 15 menit. Pimpinan bisa membukanya terlebih dahulu dengan salam pembuka dan langsung to the point pada rencana kerja hari ini (langsung to the point karena mengingat waktunya yang pendek). Rencaa kerja, bisa terkait dengan target dan cara pencapaian produksi, peningkatan kualitas product dll yang harus dicapai untuk karyawan di bidang produksi. Bisa juga berupa target penjualan yang harus dicapai pada hari ini untuk divisi penjualan. Bisa juga rencana penataan administrasi yang lebih baik. Pokoknya semuanya disesuaikan dengan divisi masing masing. Intinya adalah, membeberkan rencana kerja hari ini yang harus dilakukan oleh semua karyawan. Sesudah menyampaikan semua rencana kerja, briefing ditutup dengan doa. Dan siap bekerja di tempat masing-masing
Briefing sore
Briefing sore dilaksanakan di sore hari sesudah jam kerja berakhir. Rentang waktu pelaksanaan briefing sore sekitar 15 menit juga, hamper sama dengan briefing pagi. Hanya bedanya, briefing pagi lebih menekankan pada rencana kerja sedangkan briefing sore berisi pada evaluasi pelaksanaan kerja hari ini. Sesudah membuka dengan salam, maka pimpinan briefing langsung menyampaikan masalah-masalah yang terjadi selama seharian dalam divisinya masing masing. Jadi, selama proses kerja seharian (dari pagi sampai sore, ketua, leader, supervisor) harus mengamati jalannya proses kerja supaya bisa mengetahui masalah apa saja yang terjadi seharian. Sesudah  mendata berbagai masalah yang timbul, maka dibahas dalam briefing sore. Nah, di briefing sore inilah dicari solusi terhadap masalah yang timbul tadi. Dan soslusi itu, dijadikan cara kerja untuk esok hari. Setelah semua masalah dibahas dan dapat soslusinnya, maka briefing segera ditutup dengan doa.

Itu beberapa cara yang bisa dipakai oleh para leader, pimpinan supervisor yang mash baru yang belum paham bagaimana cara memimpin briefing. Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam…
Ingin belajar secara online tentang 
1. Public Speaking
2. Broadcaster radio
3. Executive Coaching
4. Pengembangan SDM ntuk perusahaan kecil menengah (SOP, JobDisc, KPI, Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama).
5. Tekhnik Penyembuhan dg Reiki Usui/Energi Alam semesta.
Caranya gampang.
-Masuk ke YouTube
-Di kanan atas ada kolom Search. Tulis Cak Motivator. Maka akan muncul banyak video produksi Cak Motivator. Tinggal pilih video apa yg ingin dipelajari.
-Jangan lupa tekan tombol subscribe yg ada di bawah sebelah kanan video.
Terima kasih

(Agung Kurniawan Muhuammad – Cak Motivator Indonesia – Konsultan SDM)

Popular posts from this blog

Formal Public Speaking, Non Formal Public Speaking (Ayo belajar Public Speaking Episode 4)

Regenerasi Karyawan dalam Perusahaan.