Belajar Public Speaking melalui Komunikasi Interpersonal.

Belajar Public Speaking melalui Komunikasi Interpersonal. Banyak sekali orang yang ingin memiliki kemampuan public speaking(berbicara di depan umum) yang handal, pun banyak orang yang menghindari public speaking, karena mereka ini sangat merasa seperti diamati dari ujung rambut sampai ujung kaki oleh khalayak atau orang-orang yang ada di hadapanya. Makanya mereka menghindari, kesempatan-kesempatan berbicara di depan umum. Tapi, tahukah anda, bahwa kemampuan Public Speaking seseorang, bisa dipelajari dari komunikasi interpersonal. Bagaimana caranya? Cak MotivatorIndonesia akan menguraikanya untuk anda.(Kami menyediakan e book Public Speaking harga Rp. 25.000 saja dan bisa konsultasi sampai mahir. Pesan wa 0812 3306 1821)

Kemampuan Public Speaking seseorang dalam segala posisi yang bersangkutan  di dalam organisasi atau perusahaa  sangatlah penting. Tapi sayangnya, tidak semua orang mempunyai kemampuan public speaking  yang baik. Dan tidak semua orang memiliki kemauan untuk belajar, karena merasa belajar public speaking itu sulitnya setengah mati. Padahal sebaliknya, mudah.

Pada waktu seseorang baik pelajar, remaja, mahasiswa, orang dewasa bahkan para professional sekalipun yang akan memulai mempelajari Public Speaking, biasanya banyak yang merasa kesulitan untuk memulai belajar public speaking. Kejadian berikutnya bisa ditebak, mereka juga bingung, harus berlatih dengan siapa dan bagaimana cara berlatihnya?.. nah untuk anda yang berada pada posisi semacam ini, anda bisa memulai belajar public speaking dari komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi atau pembicaraan yang kita lakukan dengan 1 atau 2 sampai 5 orang. Ada 2 jenis kondisi, yaitu Komunikasi Interpersonal formal dan Komunikasi Interpersonal nonformal. Komunikasi Interpersonal formal contohnya adalah wawancara dalam seleksi pegawai, wawancara wartawan/jurnalis dengan seorang nara sumber dll. Sedangkan contoh Komunikasi Interpersonal Nonformal antara lain, ngobrol sesame teman untuk melewatkan waktu, jagongan, dll.

Jadi kita harus membiasakan terlebih dahulu untuk enjoy dan menyenangi komunikasi interpersonal nonformal ini. Lantas apa yang harus dibicarakan dalam komunikasi interpersonal nonformal ini? Komunikasi interpersonal nonformal bisa berisi hal-hal yang serius atau hal-hal yang ringan dan santai. Mulailah dengan kesengajaan berkomunikasi interpersonal dengan orang-orang dekat anda, karena akan mengurangi kegugupan yang anda rasakan. Kemudian, anda harus mendominasi pembicaraan itu. Tentukan topik pembicaraan yang ringat, seperti tempat wisata, makanan khas dll. Tapi saya sarankan, anda bercerita tentang yang pernah anda alami. Ini akan sangat mendukung gaya anda berbicara atau bercerita. Dan yang paling penting, kesadaran bahwa anda mampu berbicara di depan umum (meskipun di depan orang-orang yang ada kenal). Kalau anda sudah mampu melakukan hal ini, maka ini adalah start up yang bagus untuk tahap awal di kemampuan public speaking anda

Kesengajaan dan kesadaran untuk memulai pembicaraan inilah yang penting. Karena begitu anda menyadarinya, maka anda akan tahu seberapa baik kemampuan komunikasi dan kemampuan  public speaking anda. Kalau anda sadar, maka langkah berikutnya adalah, meningkatkan kemampuan public speaking anda dengan terbiasa komunikasi dengan orang di sekitar anda. Baik yang sudah anda kenal baik maupun yang baru anda kenal 1 detik yang lalu.

Kalau anda sudah terbiasa dengan jenis komunikasi interpersonal ini dan enjoy, artinya anda sudah harus mulai meningkatkan latihan anda ke latihan public speaking yang sebenarnya.

(Agung Kurniawan Muhammad - Cak Motivator Indonesia - Konsultan HRD)


Popular posts from this blog

Cara memimpin Briefing Pagi dan sore di kantor.

Formal Public Speaking, Non Formal Public Speaking (Ayo belajar Public Speaking Episode 4)

Sosialisasi dan internalisasi Visi dan Misi Perusahaan ke Karyawan