Belajar Public Speaking melalui Komunikasi Interpersonal.
Belajar Public Speaking
melalui Komunikasi Interpersonal. Banyak sekali orang yang ingin memiliki
kemampuan public speaking(berbicara di depan umum) yang handal, pun banyak
orang yang menghindari public speaking, karena mereka ini sangat merasa seperti
diamati dari ujung rambut sampai ujung kaki oleh khalayak atau orang-orang yang
ada di hadapanya. Makanya mereka menghindari, kesempatan-kesempatan berbicara
di depan umum. Tapi, tahukah anda, bahwa kemampuan Public Speaking seseorang,
bisa dipelajari dari komunikasi interpersonal. Bagaimana caranya? Cak MotivatorIndonesia akan menguraikanya untuk anda.(Kami menyediakan e book Public Speaking harga Rp. 25.000 saja dan bisa konsultasi sampai mahir. Pesan wa 0812 3306 1821)
Kemampuan Public Speaking seseorang dalam
segala posisi yang bersangkutan di dalam
organisasi atau perusahaa sangatlah
penting. Tapi sayangnya, tidak semua orang mempunyai kemampuan public
speaking yang baik. Dan tidak semua orang memiliki kemauan untuk belajar,
karena merasa belajar public speaking itu sulitnya setengah mati. Padahal
sebaliknya, mudah.
Pada waktu seseorang baik pelajar, remaja,
mahasiswa, orang dewasa bahkan para professional sekalipun yang akan memulai
mempelajari Public Speaking, biasanya banyak yang merasa kesulitan untuk
memulai belajar public speaking. Kejadian berikutnya bisa ditebak, mereka juga bingung,
harus berlatih dengan siapa dan bagaimana cara berlatihnya?.. nah untuk anda
yang berada pada posisi semacam ini, anda bisa memulai belajar public speaking
dari komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi atau
pembicaraan yang kita lakukan dengan 1 atau 2 sampai 5 orang. Ada 2 jenis
kondisi, yaitu Komunikasi Interpersonal formal dan Komunikasi Interpersonal
nonformal. Komunikasi Interpersonal formal contohnya adalah wawancara dalam
seleksi pegawai, wawancara wartawan/jurnalis dengan seorang nara sumber dll.
Sedangkan contoh Komunikasi Interpersonal Nonformal antara lain, ngobrol sesame
teman untuk melewatkan waktu, jagongan, dll.
Jadi kita harus membiasakan terlebih dahulu untuk
enjoy dan menyenangi komunikasi interpersonal nonformal ini. Lantas apa yang
harus dibicarakan dalam komunikasi interpersonal nonformal ini? Komunikasi
interpersonal nonformal bisa berisi hal-hal yang serius atau hal-hal yang
ringan dan santai. Mulailah dengan kesengajaan berkomunikasi interpersonal
dengan orang-orang dekat anda, karena akan mengurangi kegugupan yang anda
rasakan. Kemudian, anda harus mendominasi pembicaraan itu. Tentukan topik
pembicaraan yang ringat, seperti tempat wisata, makanan khas dll. Tapi saya
sarankan, anda bercerita tentang yang pernah anda alami. Ini akan sangat
mendukung gaya anda berbicara atau bercerita. Dan yang paling penting,
kesadaran bahwa anda mampu berbicara di depan umum (meskipun di depan
orang-orang yang ada kenal). Kalau anda sudah mampu melakukan hal ini, maka ini
adalah start up yang bagus untuk tahap awal di kemampuan public speaking anda
Kesengajaan dan kesadaran untuk memulai
pembicaraan inilah yang penting. Karena begitu anda menyadarinya, maka anda
akan tahu seberapa baik kemampuan komunikasi dan kemampuan public speaking anda. Kalau anda sadar, maka
langkah berikutnya adalah, meningkatkan kemampuan public speaking anda dengan
terbiasa komunikasi dengan orang di sekitar anda. Baik yang sudah anda kenal
baik maupun yang baru anda kenal 1 detik yang lalu.
Kalau anda sudah terbiasa dengan jenis
komunikasi interpersonal ini dan enjoy, artinya anda sudah harus mulai meningkatkan
latihan anda ke latihan public speaking yang sebenarnya.
(Agung Kurniawan Muhammad - Cak Motivator Indonesia - Konsultan HRD)