Doa dan afirmasi dengan ucapan yang ikhlas dalam sebuah resolusi.

Doa dan afirmasi dengan ucapan yang ikhlas dalam sebuah resolusi. Nanti akan kita lihat, seberapa penting doa, afirmasi dengan ucapan ikhlas dalam sebuah resolusi berperan dalam kehidupan kita.  Teman-teman pembaca, kalau kita bisa melakukan atau menjalankan kalimat di atas, tentu sangat besar kemungkinan kita mendapatkan apa yang kita resolusikan.. Cak motivator Indonesia tetap menggunakan kata sangat besar kemungkinan, karena semuanya tetap Allah sang pencipta yang mewujudkan apa yang menjadi doa kita, afirmasi kita dan kita ucapakan dengan ikhlas dalam sebuah resolusi yang kita buat. Judul di atas menggunakan beberapa kosa kata, antara lain doa, afirmasi, ikhlas dan resolusi. Akan kita bahas satu demi satu supaya kita bisa mengerti dan resolusi kita bisa terwujud.

Doa. Secara khusus, doa adalah apa yang kita ucapkan dalam permintaan kita terhadap Allah Sang Maha Pencipta. Termasuk Maha Menciptakan doa kita dan dianugerahkan ke kita. Tapi secara umum dan luas doa berarti setiap keinginan yang kita miliki dan mewarnai pikiran kita dalam setiap ativitas kita. Pernakah anda melihat orang yang sangat ingin memiliki motor, sehingga dalam setiap langkah dan aktivitasnya selalu didasari  dan dipenuhi keinginan untuk mendapatkan motor. Bekerja menjadi lebih giat, karena sangat ingin punya motor. Setiap kali berjalan selalu memperhatikan berbagai jenis motor yang sangat diinginkan, bahkan menjelang tidur, juga terbayang bagaimana nanti kalau sudah punya motor?. Akan dipakai kemana motornya, akan dirawat seperti apa motornya kelak. Itu semua adalah bagian dari doa yang dipanjatkan ke Yang Maha Kuasa.

Afirmasi.  Afirmasi hampir sama dengan doa. Tapi lebih dikhususkan untuk memperkuat dan memfokuskan pikiran dan hati kita terhadap keiinginan yang kita miliki. Beberapa ucapan afirmasi misalnya di pertengahan tahun 2015 yang lalu kita punya keinginan untuk meningkatkan pendapatan kita. Selain berdoa dengan khusyu pada Allah Sang Pencipta. Kita juga mengucapkan afirmasi. Misalkan “ saya bisa berpenghasilan 180 juta rupiah tiap bulan sejak January 2016”.  Contoh lain, seorang driver yang bekerja di penggilingan padi sangat kagum dengan juragan pemilik penggilingan padi tersebut dan ingin memiliki penggilingan padi seperti yang dimiliki oleh sang juragan maka dia mengucapkan afirmasi “10 tahun lagi saya bisa memiliki penggilingan padi seperti milik sang juragan”. Dan banyak contoh-contoh afirmasi lainnya. Kenapa afirmasi ini penting, nanti akan kita lihat di tulisan ini juga tentang cara kerja otak atau pikiran kita.

Ucapan yang ikhlas. Ucapan yang ikhlas juga hampir sama dengan doa, karena kita mengucapkan dengan ikhlas, maka sangat besar kemungkinan terkabul. Tidak pandang itu ucapan baik, atau buruk, kalau ucapannya terlepas dari bibir kita secara ikhlas maka sangat besar kemungkiinan terkabul. Contoh ucapan baik dan diucapkan dengan ikhlas. Orang tua yang sangat senang karena dibawakan oleh-oleh anaknya yang baru saja bepergian keluar negeri, karena begitu gembiranya orang tua ini,  langsung mengucap “Alhamdulillah semoga rezekimu tambah lancar nak”.  Sedangkan contoh ucapan jelek yang terlepas dengan ikhlas, misalkan kalau kita sedang menyeberang jalan tiba-tiba dikejutkan dengan adanya mobil yang ugal-ugalan terus kita berucap “ehmmm tidak selamat kamu di jalan”. Atau ada orang tua yang jengkel pada anaknya karena perilaku anaknya yang sangat nakal kemudian terucap “ehmmm tidak jadi orang nak kalau kamu seperti itu”. Jadi apapun isi ucapan (baik atau buruk) kalau diucapkan dengan ikhlas maka akan sagat besar kemungkinan segera terkabul. Karena itu, para orang tua harus extra hati hati kalau berucap.

Resolusi. Resolusi adalah pernyataan sikap kita atas kejadian yang lalu, kemudian mengambil sikap/langkah di masa berikutnya. Contoh, pada waktu pergantian tahun biasanya kita sering mendengarkan orang-orang membuat resolusi di tahun yang akan datang. Misalkan, karena di tahun 2015 kita banyak masalah di divisi marketing, maka resolusi kita di tahun 2016 adalah membuat divisi marketing menjadi lebih tajam dan bisa mencapai target yang diinginkan. Contoh resolusi lainnya, karena sudah berusia 33 di tahun depan, maka resolusinya adalah “mencari pasangan hidup yang serius untuk diajak menikah”. Dll

Itu beberapa hal yang terkait dengan Doa, Afirmasi, dan Ucapan Ikhlas serta Resolusi. Nah berikutnya kita akan membahas tentang cara kerja otak. Doa sangat terkait dengan permintaan kita ke Allah Sang Pencipta. Afirmasi terkait dengan cara kerja otak.

Cara kerja otak.
Otak kita ini adalah processor yang sangat sangat hebat dan tiada duanya di muka bumi. Bayangkan, otak kita bekerja selama 24 jam tanpa berhenti seumur hidup kita. Hehehe hebat khan. Teman-teman, cara kerja otak kita dibagi dua. Pertama bekerja pada otak sadar. Kita berbicara, makan, berunding, jalan, bekerja dan aktivitas sadar lainya adalah bekerja pada otak sadar. Yang kedua adalah otak bawah sadar. Contoh hasil kerja otak bawah sadar adalah instinct, intuisi dan sejenisnya.

Baiklah supaya mudah dicerna begini ceritanya. Dari pagi, kita bekerja sampai malam menjelang tidur banyak sekali kalimat yang kita ucapkan. Semuanya berhenti di otak sadar. Nah… pada waktu menjelang tidur (waktunya sangat singkat), maka kalimat-kalimat yang kita ucapkan dan bekerja di otak sadar akan memasuki otak bawah sadar istilah kerenya di download he he he. Karena waktunya pendek maka tidak semua kalimat bisa masuk ke dalam otak bawah sadar. Jadi kalimat seperti apa yang sangat mungkin segera masuk ke otak bawah sadar?? Yang punya khan besar untuk segera masuk ke dalam otak bawah sadar adalah kalimat yang kita ucapkan dan berkesan sangat dalam di hati kita.

Contoh, karena seharian kita bekerja dan bertemu dengan para boss, kemudian dalam hati kecil kita punya keinginan atau cita cita yang sangat kuat sehingga kita berkata “ya Allah, izinkan saya sukses seperti para bos bos itu yang bergelimang harta, sehingga bisa menolong orang-orang susah”.  Kalimat ini sangat berkesan dibandingkan dengan percakapan pada waktu makan siang, percakapan saat mengantar bos bertemu dengan kolega (yang semuanya itu biasa biasa saja). Maka kalimat “ya Allah, izinkan saya sukses seperti para bos bos itu yang bergelimang harta, sehingga bisa menolong orang-orang susah” ini sangat besar kemungkinan masuk duluan dalam otak bawah sadar kita.  Nah… apa yang terjadi ketika kalimat ini masuk dalam otak bawah sadar kita?? Yang terjadi adalah Amazing…. Kalimat itu akan menjadi program dalam otak bawah sadar kita, yang tanpa terasa (sekali lagi tanpa terasa) akan membimbing kita menuju sukses yang kita inginkan. Seperti radar anti kapal selam, jadi radar ini akan bekerja terus menerus sampai ketemu kapal selam dan akan menunjukan ke kita arahnya dimana. Demikian juga afirmasi, ucapan yang terucap dengan ikhlas kemudian masuk dalam otak bawah sadar dan langsung menjadi program, maka akan membimbing kita menunjukan apa saja yang kita lakukan untuk menuju kesuksesan yang kita inginkan itu.
Jadi konsklusinya, resolusi adalah frame besarnya yang di dalamnya ada doa, afirmasi dan ucapan-ucapan baik yang keluar secara ikhlas dari hati kita. Semoga bermanfaat posting Cak Motivator Indonesia kali ini.

Salam

(Agung Kurniawan Muhammad – Cak Motivator Indonesia – Konsultan HRD)     

Popular posts from this blog

Cara memimpin Briefing Pagi dan sore di kantor.

Formal Public Speaking, Non Formal Public Speaking (Ayo belajar Public Speaking Episode 4)

Regenerasi Karyawan dalam Perusahaan.