Pentingnya struktur organisasi dalam perusahaan.
Pentingnya
struktur organisasi dalam perusahaan. Kenapa struktur organisasi ini menjadi
penting dalam sebuah perusahaan? nanti akan kita lihat dalam postingan kali ini.
Tapi sebelumnya, cak motivator Indonesia
akan mengajak teman-teman melihat kondisi beberapa perusahaan dan kaitanya
dengan keberadaan struktur organisasi perusahaan tersebut. Pada perusahaan yang
sudah maju, maka pasti akan ada struktur organisasinya. Dan biasanya struktur
organisasinya juga cukup lengkap dan spesifik. Sudah ada direktur, General
Manager, Manager, Supervisor, staff, dan operator. Divisinya juga biasanya
sudah cukup komplit mulai dari divisi produksi, keuangan, HRD, administrasi,
marketing, tekhnik dll yang semuanya ditampung dalam struktur organisasi ini.
Itu, kalau perusahaannya sudah cukup besar dan maju. Tapi untuk perusahaan yang baru mulai
berkembang, dan biasanya dimiliki dan dijalankan oleh perseorangan saja, maka
mereka ini tidak begitu memperhatikan adanya struktur organisasi. Mereka
biasanya berpikir, masih belum penting adanya struktur organisasi, karena
dijalankan seorang diri saja sudah bisa jalan. Padahal, kalau mereka mau member
perhatian terhadap adanya struktur organisasi ini, usaha mereka akan lebih maju
lagi dan lebih tertata, terkontrol serta terarah dengan baik. Mengapa
demikian? Berikut ini jawabanya terkait
beberapa hal tentang organisasi :
Pertama.
Struktur organisasi merupakan bentuk organisasi (bisnis, social, politik dll) di
masa yang akan datang yang kita harapkan. Jadi, Struktur organisasi ini
merupakan bentuk impian yang kita inginkan di masa yang akan datang terhadap
organisasi kita. Karena itu, sangat disarankan, seberapa kecil bisnis kita saat
ini, gambar saja struktur organisasi yang kita inginkan. Bnetuklah secara
lengkap divisi-divisinya. Lho cak motivator Indonesia… khan orangnya belum ada, masih
sedikit anggotanya?.. Tidak ada masalah, dengan jumlah orang yang sedikit. Yang
ada dulu dipasang/ditempatkan sesuai keahlianya. Lha posisi yang belum ada
orangnya dalam struktur organisasi harus bagaimana?... Biarkan dulu kosong saat
ini. Sambil organisasi perusahaan ini terus berjalan dan tumbuh, maka
organisasi ini akan terus merekrut orang sesuai dengan kebutuhan perkembangan.
Nah pada saat itulah, posisi yang kosong dalam struktur organisasi itu mulai
kita isi dengan orang-orang yang berkompeten. Isi posisi itu dengan cara
bertahap.
Kedua.
Struktur organisasi dalam perusahaan akan memudahkan kita melakukan
pendelegasian wewenang. Artinya pada waktu pucuk pimpinan (pemilik bisnis)
organisasi mendapatkan pekerjaan yang cukup banyak (ada marketing, produksi,
keuangan, administrasi dll), maka pimpinan tinggal mendelegasikan wewenangnya
sesuai spesifikasi orang yang ada di bawahnya. Misalkan, untuk mengatur
produksi didelegasikan ke manager/pimpinan produksi. Untuk pekerjaan keuangan
dan anggaran didelegasikan ke manager/pimpinan keuangan. Demikaian juga dengan
administrasi. Jadi adanya struktur organisasi di dalam perusahaan akan
memudahkan pembagian pekerjaan yang akhirnya akan memudahkan pelaksanaan
pekerjaan.
Ketiga.
Struktur organisasi akan memudahkan semua anggota organisasi mengetahui arah
dan tujuan perusahaan yang akan dicapai. Secara rencana jangka pendek, menengah
dan panjang, masing masing divisi memiliki target yang harus dipenuhi oleh
masing masng pimpinan divisi. Ini artinya, ada titik dimana semua anggota
organisasi harus mengarah ke sana. Misalnya, divisi marketing punya target 10
milliar, Divisi HRD targetnya kualitas SDM meningkat 50 persen dari sekarang,
divisi tekhnik mempunyai target tidak ada mesin bermasalah pada saat proses
produksi dll.
Keempat.
Struktur organisasi akan memudahkan kontroling semua pekerjaan. Dengan adanya
struktur yang berjenjang dari atas ke bawah, maka setiap pekerjaan yang
didelegasikan akan mudah di control ke karena sudah ada jalurnya masing-masing
yang sudah terspesifikasi.
Kelima.
Struktur organisasi juga akan memudahkan semua karyawan melihat jalur karier (career path & Individual Development Analysis) yang akan ditempuhnya. Karena semuanya memiliki jalur organisasi ke jenjang
yang lebih atas. Dus ini berarti setiap posisi/jabatan yang dipangku seseorang
juga punya khans untuk promosi jabatan ke yang lebih atas.
Baiklah,
untuk lebih jelasnya, akan cak motivator Indonesia contohkan organisasi di
perusahaan klien yang dimiliki cak motivator Indonesia. Pada satu waktu yang
lalu, cak motivator diundang pebisnis ke perusahaanya untuk melakukan perbaikan
management. Data awal yang didapatkan, semua karyawan jumlahnya 160 orang,
tidak ada struktur organisasi, hanya ada 3 orang kepercayaan dan 3 orang
administrasi kantor yang dminta mengendalikan 154 karyawan produksi. Bisa dibayangkan,
bagaimana mungkin 6 orang bisa mengendalikan 154 karyawan produksi. Jelas tidak
mungkin, karena rentang kendali seseorang itu maximal sampai 15 orang atau
bahkan ada yang menyebut hanya 10 orang saja. Memang, semua pekerjaan berjalan.
Tapi kita tidak tahu, apakah 154 karyawan itu sudah bekerja disiplin, maximal
atau malah main main saja.
Mengetahui
kondisi ini, cak motivator langsung merencanakan struktur organisasi, setiap
mesin conveyoryang dikerjakan oleh 10 sampai 18 orang harus diketuai oleh
seorang supervisor, dan di atas supervisor ada manager produksi. Jadi
setidaknya, ada sekitar 10 orang supervisor yang mengendalikan 10 sampai 18
orang operator. Dengan struktur baru ini, kita akhirnya mengetahui personel
mana saja yang kerjaanya hanya main main dan personel mana yang sudah disiplin
dalam bekerja. Sesudah menjalankan struktur organisasi ini, akhirnya
kedisplinan karyawan dalam bekerja menjadi lebih baik. Kontrol terhadap
perilaku karyawan juga lebih terdeteksi.
Baiklah,
itu sekelumit pengalaman cak motivator Indonesia tentang Struktur organisasi.
Bagaimana dengan anda yang belum punya struktur organisasi. Sudah mulai untuk
mencoba membuatnya.?
Salam…
(Agung Kurniawan Muhammad – Cak Motivator Indonesia –
Konsultan HRD)