Mengubah I hate Monday menjadi I like Monday di kantor anda

Mengubah I hate Monday menjadi I like Monday bisa saja dilakukan oleh siapa saja. Baik oleh diri kita sendiri secara perseorangan maupun oleh management kantor atau perusahaan secara managerial. Karena itu, Cak Motivator Indonesia dalam postingan kali ini akan membahas kedua-duanya, baik secara perseorangan maupun secara managerial.

I hate Monday secara umum dan harfiah sangat mudah kita artikan dengan memaknainya “I benci hari Senin”. Ini seringkali kita dengar diucapkan karyawan kita di kantor atau di perusahaan/pabrik ketika Senin pagi akan mulai kerja. I hate Monday tidak saja kita dengarkan, tapi juga kita rasakan dalam perilaku kinerja mereka yang masih lemes, tidak bener-bener semangat bekerja.

Penyebab munculnya I hate Monday tentu saja cukup beragam, tapi bisa kita klasifikasikan sebagai berikut :

Pertama, karena memang di otak kita sudah lama dan mendarah daging kita biarkan otak kita atau pikiran kita dengan kalimat I hate Monday. Kalau pikiran semacam ini kita biarkan, maka aka menjadi sesuatu yang otomatis bekerja di pikiran kita. Jadi, setiap senin pagi secara otomatis/langsung di otak atau pikiran kita akan muncul kalimat “I hate Monday”. 

Kedua, karena secara fisik atau badan kita di hari senin pagi terasa capek dan pegal-pegal. Hal ini bisa jadi, karena di hari libur (Sabtu dan Minggu) kegiatan kita terlalu banyak dan menguras tenaga, sehingga energi kita habis sementara kita belum bisa memulihkan tenaga karena hari sudah Senin.

Ketiga, karena pikiran kita masih belum bisa masuk ke suasana  kerja di hari senin. Hal ini bisa saja karena pikiran kita terforsir di hari Sabtu dan Minggu. Sangat mungkin, diantara kita di hari Sabtu dan Minggu yang sebenarnya untuk beristirahat, tapi karena satu dan lain hal (masalah pribadi, keluarga dll) justru pikiran kita tidak bisa istirahat. Jadi tambah capek.

Mengubah menjadi I like Monday.
Secara perseorangan, kita bisa mengubah I hate Monday menjadi I like Monday dengan beberapa hal, antara lain :

Pertama, kalau penyebabnya adalah karena kebiasaan kita berpikir I hate Monday, maka cobalah mengubah pikiran anda dengan I like Monday. Caranya, sebelum tidur di hari minggu malam, cobalah ucapkan I like Monday berulang kali, dan cobalah ingat-ingat bahwa besok adalah hari yang menyenangkan karena akan bertemu dengan orang-orang atau teman teman anda yang juga menyenangkan. Lakukan kebiasaan ini setiap kalai akan menjelang tidur di hari minggu malam.

Kedua, kalau penyebabnya adalah karena anda sering kecapean di hari senin pagi, maka coba dievaluasi kegiatan anda di hari Sabtu dan Minggu waktu libur. Mungkin diantara 2 hari libur itu ada kegiatan anda yang terlalu berat yang menyita energi fisik anda. Jadi cobalah anda atur ulang lagi kegiatan untuk minggu depanya. Atau kalau memang tidak bisa dihindari, maka luangkan waktu untuk istirahat memulihkan energi anda. Misalnya, minggu sore sekitar jam 5 sore sudah harus ada di rumah. Ini sebagai upaya untuk memulihkan stamina anda. 

Ketiga, cobalah konsumsi vitamin yang bisa menyeimbangkan stamina anda. Tapi untuk yang ini harus teliti dan hati hati. Saya sarankan cukup vitamin C. kenapa vitamin C? karena ini lebih aman. Jadi vitamin C ini, kalau memang tubuh kita membutuhkan, maka vitamin C ini akan langsung dikonsumsi tubuh kita, tapi kalau tubuh kita sedang tidak membutuhkan, maka vitamin C ini akan dibuang melalui urine, jadi relative tidak ada efek samping.

Keempat, rajinlah berolah raga. Dengan rajin berolah raga (lari pagi rutine 2 hari sekali, jogging, treadmill, fitness) akan menjaga kebugaran kita. Jadi meski di hari senin, badan kita akan tetap segar dan semangat untuk bekerja.

Secara managerial, kita bisa mengubah I hate Monday menjadi I like Monday dengan beberapa hal, antara lain :

Custome. Ini untuk perusahaan atau kantor yang membebaskan karyawannya dari baju seragam. Pihak management bisa membuat aturan yang mengharuskan semua karyawan menggunakan custome yang bernuansa pink. Suasana pink secara psikologi membuat kita lebih ceria dan bersemangat.

Briefing khusus Senin pagi. Jadi khusus untuk Senin pagi sebelum mulai pekerjaan, maka dilakukan briefing khusus yang lebih rilex (untuk merilexkan pikiran supaya enjoy untuk memulai pekerjaan.). Caranya, kita bentuk briefing per kelompok kecil sampai sekitar 10 orang saja. Nah sebelum briefing masalah pekerjaan, maka satu persatu karyawan diberi kesempatan untuk bercerita suasan hatinya sesudah liburan kemarin (maksimal 3 menit saja setiap karyawan). Dari karyawan itu, akan muncul cerita yang menyenangka, maka diharapkan akan membuat karyawan lainnya jadi ikut senang juga. Nah.. kalau ada karyawan yang ceritanya sedih, maka diharapkan kesedihanya cukup dan berhenti saat itu juga, dan digantikan dengan keceriahan dari teman temanya tadi. Jadi intinya, ini untuk meneruskan dan menularkan kebahagianya satu karyawan ke yang lainnya, serta menghentikan kesedihan satu karyawan supaya tidak terbawa ke lingkunga kerja.

Itulah cara cara untuk mengubah I hate Monday menjadi I like Monday dari Cak Motivator Indonesia, semoga bisa bermanfaat.

Salam…


(Agung Kurniawan Muhammad – Cak Motivator Indonesia – Konsultan SDM/HRD)   

Popular posts from this blog

Cara memimpin Briefing Pagi dan sore di kantor.

Formal Public Speaking, Non Formal Public Speaking (Ayo belajar Public Speaking Episode 4)

Regenerasi Karyawan dalam Perusahaan.