Mengatasi kejenuhan di Kantor Atau Perusahaan.

Mengatasi kejenuhan di kantor atau perusahaan memang cukup banyak caranya, asalkan mau. Ada yang dilakukan secara mandiri atau individual masing-masing. Ada juga yang dikoordinasikan oleh management perusahaan atau kantor.  Beberapa hal yang Cak Motivator Indonesia pernah lakukan di beberapa perusahaan untuk menghilangkan kejenuhan, mungkin bisa dicoba di tempat anda.

Secara individual .
Secara individual artinya, masing masing karyawan melakukanya sendiri-sendiri sesuai dengan idenya masing-masing. Diantaranya dengan membaca buku. Bagi anda yang tidak gemar membaca buku mungkin agak enggan. Tapi bisa dicoba terlebih dahulu, yang penting ada niatan untuk membaca. Dari ada niatan, nanti pada waktu membaca akan menemukan beberapa hal yang mengasyikan dan membuat kita fresh. Cukup banyak macam-macam buku yang bisa kita baca sehingga banyak sekali piliihan sesuai selera kita. Dimulai saja dari yang paling kita sukai. Kalau kita suka novel, ya novel. Kalau kita suka buku religi, yang mulai dari buku relegi dll. Nah.. bagaimana kalau kita  lagi spaneng tapi sebenarnya tidak terlalu sibuk. Kalau seperti ini, bisa kita memilih buku yang isinya ringan ringan saja. Misalkan Noevel, kumpulan cerita pendek, cerita fiksi, atau buku buku petualangan. Jadi dengan baca buku yang ringan-ringan, pikiran jadi fresh
Nah… bagaimana kalau pekerjaan sedang ringan? Maka kita bisa baca buku-buku yang materinya agak berat. Misalkan buku-buku filsafat, pengembangan diri, fisika terapan, kimia terapan dll. Bahkan bisa dicoba juga membaca buku yang materinya tidak terlalu anda minati. Dengan membaca buku yang tidak terlalu anda minati, maka anda akan menemukan banyak hal yang baru. Kenapa begitu?. Karena kalau anda tidak menyukai buku tentang kimia misalnya. Maka sedikit sekali anda mengetahui tentang kimia. Nah kalau  tiba-tiba anda membaca buku kimia terapan, maka anda akan mendapatkan sesuatu yang baru tentang kimia terapan.

Cara lainya yang masih bersifat individu atau perorangan, adalah dengan membawa hewan piaraan ke kantor (hanya jika memungkinkan). Satu contoh. Di perusahaan tempat Cak Motivator Indonesia dulu bekerja, ada seorang yang sangat gila burung. Hingga suatu saat, tiba-tiba saja karyawan ini membawa burungnya(perkutut) yang dalam sangkar di bawa ke kantor.  Dan kebetulan, di halaman parkir belakang ada pohon mangga agak rindang. Maka ditempatkanlah burung perkutut itu di belakang kantor. Dan siangnya pas waktu istirahat, semua teman teman ikut mendengarkan suara perkutut yang manggung.

Secara koordinir management atau perusahaan.
Menghilangkan kejenuhan di kantor atau perusahaan yang dikoordinir management artinya, semua karyawan harus bersama-sama melaksanakan kegiatan yang menghilangkan kejenuhan ini. Contoh, pada waktu saya di perusahaan design pernah melakukan kerja malam. Begini ceritanya. Perusahaan ini sebenarnya jam kerjanya normal pagi sampai sore hari. Tapi, supaya bisa membuat susana baru yang bisa menghilangkan kejenuhan, maka dibuatlah jam kerja malam hari. Jadi, dipilihlah hari yang client atau customer kita tidak terlalu berkomunikasi dengan kita yaitu hari Sabtu. Maka mulailah para designer ini bekerja di malam hari. Mulai jam 9 malam sampai jam 6 pagi. He he he lumayan yang siangnya tidak tidur ya pasti ngantuk. Tapi yang sudah siap ya enjoy aja, malah bisa menemukan hal hal yang baru. (ya… ini hanya perusahaan dengan karakter tertentu yang bisa melakukannya)
Cara yang lainnya, adalah semua karyawan memakai custome film/atau custome tradisional. Jadi ditentukanlah pas hari meeting mingguan (sehari meetingnya/meeting marathon) semua karyawan menggunakan custome film. Jadi ada yang mengenakan custome MR Bean, Charlie Chaplin, James Bond, Batman, Superman dll. He he he.. cukup menyegarkan suasana.
Cara yang berikutnya adalah dengan meeting/bekerja di luar (hanya perusahaan dengan karakter terntentu yang bisa melakukanya). Ini juga pernah dilakukan perusahaan design. Jadi para designernya diajak mendesign project di tengah-tengah taman kota. Suasananya tentu dipilih taman kota yang cocok dengan selera sebagian besar  karyaawan.
Nah… teman teman itu beberapa contoh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan di kantor atau perusahaan. Semoga bermanfaat.

Salam….

(Agung Kurniawan Muhammad – Cak Motivator Indonesia – Konsultan SDM/HRD)

Popular posts from this blog

Cara memimpin Briefing Pagi dan sore di kantor.

Formal Public Speaking, Non Formal Public Speaking (Ayo belajar Public Speaking Episode 4)

Regenerasi Karyawan dalam Perusahaan.