Layanan Purna Jual untuk Perusahaan Jasa

Layanan Purna Jual untuk Perusahaan Jasa, sama pentingnya dengan layanan purna jual untuk perusahaan manufacture atau pabrikan. Dan memang pada dasarnya, layanan purna jual haruslah dimiliki semua jenis business atau usaha, tidak pandang usaha tersebut menghasilkan product konkrit atau yang abstrak seperti jasa. Cak Motivator Indonesia akan membahasnya untuk anda. 
******************   

Beberapa hari yang lalu kebetulan Cak Motivator Indonesia melakukan penambahan asessoris pada mobil yang biasa dipakai untuk urusan business supaya terlihat lebih segar. Setelah masuk salon mobil hampir setengah hari, selesailah asessoris dipasang. Dan hasilnya sangat menyenangkan, semua asessoris berfungsi sempurna. Tapi pada waktu malam hari mobil dipakai jalan, tiba-tiba ada satu lampu asessoris yang baru dipasang tadi tidak menyala. Agak sedikit kecewa, lantas Cak Motivator Indonesia menghubungi salon mobil yang memasang asessoris tadi. Akhirnya dicari waktu, hari yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dan pada hari yang dijanjikan, masuklah lagi mobil ke salon. Beberapa menit kemudian mobil sudah beres, dan waktu Cak Motivator Indonesia akan membayar, ternyata sang pemilik salon menyatakan “free”    alias gratis. He he he saya dan pemilik salon saling lempar senyum. Sayapun akhirnya jadi teringat tentang satu hal yang kadangkala dilupakan oleh perusahaan yaitu “Layanan Purna Jual”.

Yang dilakukan oleh salon mobil ini memang cerdas dengan memberikan layanan purna jual yang bersifat garansi, sehingga konsumen tidak perlu lagi mengeluarkan dana tambahan. Kenapa saya bilang cerdas, karena tidak semua salon, bengkel mobil memberikan layanan purna jual terhadap jasa mereka. Tanpa adanya layanan purna jual terhadap product atau jasa mereka, maka konsumen harus mengeluarkan biaya tambahan jika ada masalah terhadap product atau jasa mereka. Di satu sisi pemilik business bengkel atau salon, hal ini merupakan masukan pendapatan, tapi di sisi konsumen tentu ini pengeluaran/beban tambahan yang semestinya tidak perlu dikeluarkan kalau product atau jasa yang mereka beli tidak bermasalah.

Layanan Purna Jual adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan pasca penjualan product atau jasa. Tidak semua perusahaan mau melakukan ini, karena memang akan membutuhkan biaya dan juga waktu. Seperti yang dilakukan oleh pemilik salon mobil tersebut. Dengan memberikan layanan purna jual jasa mereka (memberikan free of charge), otomatis harus menyediakan tenaga dan waktu. Yang mestinya bisa dinilai dengan uang atau pendapatan(yang sebenarnya tidaklah terlalu besar). Hanya saja, dengan melakukan layanan purna jual, maka nilai investasinya untuk masa depan menjadi semakin besar.  

Layanan purna jual memiliki nilai investasi yang cukup besar yang akan didapatkan perusahaan yang mau melakukan “layanan Purna Jual”. Kerena layanan purna jual akan mempunyai efek domino yang sangat kuat yang dirasakan di sisi konsumen dan berimbas pada pendapatan pada sisi perusahaan yang mau melakukan “Layanan Purna Jual”. Apa saja itu :

Pertama, layanan purna jual akan memberikan efek kepuasan pada pelanggan atau konsumen dan yang lebih jauh lagi muncul sympati untuk perusahaan yang bersangkutan.

Kedua, layanan purna jual akan memberikan efek peningkatan “nilai diri” atau reputasi dari perusahaan yang bersangkutan. Ketika perusahaan melakukan layanan purna jual, maka dalam diri konsumen/pelanggan akan secara langsung memberikan penilaian positif terhadap perusahaan.

Ketiga, dari kedua hal di atas, maka biasanya konsumen tersebut akan memberika rekomendasi pada kenalan atau calon konsumen lain untuk menggunakan jasa atau product dari perusahaan tersebut. Ini artinya, membuka pangsa pasar yang lebih luas lagi.  

Keempat, sebagai sarana atau media terbuka untuk menjelaskan pada konsumen dan calon konsumen secara transpara tentang jasa atau product berikut suku cadang yang tersedia di pasaran.

Bagaimana dengan business anda, apakah sudah melakukan layanan purna jual?. Apapun jenis usaha selalu ada rumus untuk menghitung layanan purna jual. Bahkan lembaga pendidika saja memiliki layanan purna jual dengan memberikan jaminan lulusanya akan dicarikan tempat bekerja. Apalagi untuk yang real/murni business pasti ada rumus untuk melakukan layanan purna jual.

Demikian postingan Cak Motivator Indonesia tentang layanan purna jual. Semoga bemanfaat.
Salam…..

(Agung Kurniawan Muhammad – Cak Motivator Indonesia – Konsultan SDM/HRD)

Popular posts from this blog

Cara memimpin Briefing Pagi dan sore di kantor.

Formal Public Speaking, Non Formal Public Speaking (Ayo belajar Public Speaking Episode 4)

Regenerasi Karyawan dalam Perusahaan.