Layanan Purna Jual untuk Perusahaan Jasa
Layanan Purna Jual untuk Perusahaan
Jasa, sama pentingnya dengan layanan purna jual untuk perusahaan manufacture
atau pabrikan. Dan memang pada dasarnya, layanan purna
jual haruslah dimiliki semua jenis business atau usaha, tidak pandang usaha
tersebut menghasilkan product konkrit atau yang abstrak seperti jasa. Cak
Motivator Indonesia akan membahasnya untuk anda.
******************
Beberapa
hari yang lalu kebetulan Cak Motivator Indonesia melakukan penambahan asessoris pada mobil yang biasa dipakai
untuk urusan business supaya terlihat lebih segar. Setelah masuk salon mobil
hampir setengah hari, selesailah asessoris dipasang. Dan hasilnya sangat
menyenangkan, semua asessoris berfungsi sempurna. Tapi pada waktu malam hari
mobil dipakai jalan, tiba-tiba ada satu lampu asessoris yang baru dipasang tadi
tidak menyala. Agak sedikit kecewa, lantas Cak Motivator Indonesia menghubungi
salon mobil yang memasang asessoris tadi. Akhirnya dicari waktu, hari yang
tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dan pada hari yang dijanjikan,
masuklah lagi mobil ke salon. Beberapa menit kemudian mobil sudah beres, dan
waktu Cak Motivator Indonesia akan membayar, ternyata sang pemilik salon menyatakan
“free” alias
gratis. He he he saya dan pemilik salon saling lempar senyum. Sayapun akhirnya
jadi teringat tentang satu hal yang kadangkala dilupakan oleh perusahaan yaitu “Layanan
Purna Jual”.
Yang
dilakukan oleh salon mobil ini memang cerdas dengan memberikan layanan purna
jual yang bersifat garansi, sehingga konsumen tidak perlu lagi mengeluarkan
dana tambahan. Kenapa saya bilang cerdas, karena tidak semua salon, bengkel
mobil memberikan layanan purna jual terhadap jasa mereka. Tanpa adanya layanan
purna jual terhadap product atau jasa mereka, maka konsumen harus mengeluarkan
biaya tambahan jika ada masalah terhadap product atau jasa mereka. Di satu sisi
pemilik business bengkel atau salon, hal ini merupakan masukan pendapatan, tapi
di sisi konsumen tentu ini pengeluaran/beban tambahan yang semestinya tidak
perlu dikeluarkan kalau product atau jasa yang mereka beli tidak bermasalah.
Layanan
Purna Jual adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan pasca penjualan
product atau jasa. Tidak semua perusahaan mau melakukan ini, karena memang akan
membutuhkan biaya dan juga waktu. Seperti yang dilakukan oleh pemilik salon
mobil tersebut. Dengan memberikan layanan purna jual jasa mereka (memberikan
free of charge), otomatis harus menyediakan tenaga dan waktu. Yang mestinya
bisa dinilai dengan uang atau pendapatan(yang sebenarnya tidaklah terlalu
besar). Hanya saja, dengan melakukan layanan purna jual, maka nilai
investasinya untuk masa depan menjadi semakin besar.
Layanan
purna jual memiliki nilai investasi yang cukup besar yang akan didapatkan
perusahaan yang mau melakukan “layanan Purna Jual”. Kerena layanan purna jual
akan mempunyai efek domino yang sangat kuat yang dirasakan di sisi konsumen dan
berimbas pada pendapatan pada sisi perusahaan yang mau melakukan “Layanan Purna
Jual”. Apa saja itu :
Pertama,
layanan purna jual akan memberikan efek kepuasan pada pelanggan atau konsumen
dan yang lebih jauh lagi muncul sympati untuk perusahaan yang bersangkutan.
Kedua,
layanan purna jual akan memberikan efek peningkatan “nilai diri” atau reputasi
dari perusahaan yang bersangkutan. Ketika perusahaan melakukan layanan purna
jual, maka dalam diri konsumen/pelanggan akan secara langsung memberikan
penilaian positif terhadap perusahaan.
Ketiga,
dari kedua hal di atas, maka biasanya konsumen tersebut akan memberika rekomendasi
pada kenalan atau calon konsumen lain untuk menggunakan jasa atau product dari
perusahaan tersebut. Ini artinya, membuka pangsa pasar yang lebih luas lagi.
Keempat,
sebagai sarana atau media terbuka untuk menjelaskan pada konsumen dan calon
konsumen secara transpara tentang jasa atau product berikut suku cadang yang
tersedia di pasaran.
Bagaimana
dengan business anda, apakah sudah melakukan layanan purna jual?. Apapun jenis
usaha selalu ada rumus untuk menghitung layanan purna jual. Bahkan lembaga
pendidika saja memiliki layanan purna jual dengan memberikan jaminan lulusanya akan
dicarikan tempat bekerja. Apalagi untuk yang real/murni business pasti ada
rumus untuk melakukan layanan purna jual.
Demikian
postingan Cak Motivator Indonesia tentang layanan purna jual. Semoga bemanfaat.
Salam…..
(Agung
Kurniawan Muhammad – Cak Motivator Indonesia – Konsultan SDM/HRD)